Posted by: faditya | August 6, 2007

Fenomena teman2 yang kuliah di luar Jakarta

Setelah beberapa kali berkomunikasi kembali dengan temen2 SMA yang kuliah di luar Jakarta (Bandung, Semarang, dll), ada fenomena menarik yang perlu ditiru … yaitu, gaya bicara mereka yang jadi cenderung lebih sopan…

Seingetku, mereka gak pernah lagi ngomong pake bahasa2 jakarta, that is “gue”, “elu”, “bokap”, “nyokap”…

Mereka sekarang menggunakan kata “aku”, “kamu”, “bapak”, “ibu”, dll.. dan cara bicara mereka pun jadi lebih tertata…. gak lagi sembrono kayak gw…. hehehehe..

Bahkan temenku yang dulu rese banget, bawel….. sekarang ngomongnya lembuuut banget…. jadi malu….

Dan salah satu temenku memang mengakui, lingkungan mereka di sana bener2 mempengaruhi mereka… so, mereka jadi canggung banget ngomong bahasa2 prokem jakarta…

Huhu, saya jadi ingin memulai bicara seperti itu… bahasa yang enak didenger…
Tapi suseh bener ye….


Responses

  1. jadi inget pas dulu mewakili ui dalam sebuah lomba, di kalimantan, selama satu pekan.ketika itu berkumpulah mahasiswa – mahasiswi yang mewakili universitas2 di seluruh Indonesia, yang lolos seleksi tentunya.trus, dalam penginapan hotel itu, setiap kamar dihuni oleh 2 – 3 peserta finalis yang secara random berbagai universitas.nah, kebetulan di sana satu kamar dengan seorang mahasiswa UGM, yang kebetulan ni anak berasal dari Jogja aseli.subhaanallah.. ni anak santun beneer… aku yang dari jawa aseli aja merasa takjub dengan segala ekspresi sikap dan tutur bicarainsan jawi ini.. ^_^ (kok ada ya orang seperti ini.. ?!*&^$ : * dalam hati ^_^ )sederhana, jujur apa adanya, murah senyum, logat yang sangat jawi.. dan sikap yang teramat santun.. serta yang paling berkesan adalah.. selain rajin tahajjudny, setelah shalat shubuh berjama’ah di masjid, ia pun senantiasa baca qur’an dan takkan berhenti / balikke kamar hotel sebelum matahari terbit.. fiuh.. ^_^ * kapan ya bisa seperti itu ? ^_^

  2. ayo kakek amin…. berusahalah!saya juga akan berusaha…!Semoga berhasil… Amiiin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: