Posted by: faditya | August 16, 2007

TKW Indonesia = Ibu Asuh Dunia

Lagi susah tidur…
terus dengerin radio Delta FM, en denger sebuah cerita menarik dari Emha Ainun Najib..mengenai TKW Indonesia yang bekerja di luar negeri, dari Hongkong, Malaysia, Arab, bbla bla bla…

Dan sebagian besar tugas dari para TKW adalah mengurus anak sang majikan, mulai dari memberi makan, menemani ke sekolah, menemani bermain, menjaga anak ketika di rumah, dll.
Kenapa? karena sebagian dari ibu2 majikan mereka adalah ibu2 muda yang gemar bekerja dan lebih banyak di luar rumah…

Dan pada kenyataanya, ketika ibu majikan memiliki waktu untuk menemani sang anak, mereka menemani dengan pola yang jauh sekali dari ibu2 pengasuh alias sang TKW.

Ibu asli menjadi jauh lebh tidak sabaran menyuapi anak kecilnya yang susah sekali dibuat diam krena sibuk berlari kesana kemari. Akhirnya setelah 3 suap yang masuk ke dalam mulut sang anak, sang ibu kandung menyerah dan akhirnya meminta sang TKW untuk melanjutkan.

Dan nyatanya sang ibu pengasuh berhasil membuat anak menghabiskan makanan di piring bahkan sampai meminta tambah.. Tentunya dengan kesabaran selayaknya dimiliki sang Ibu..

Begitu pula ketika sang Ibu kandung mengajak anaknya jalan2. Tidak jarang sang anak pulang dengan keadaan sangat kotor bahkan luka dimana2. Karena sang ibu tidak lagi begitu teliti memperhatikan anak, karena di kanan kiri nya terpegang telepon genggam dari klien A, klien B….

Sedangkan ketika anak bermain dengan sang ibu asuh, sang anak begitu menjadi sangat terjaga dan terlindungi. Karena sebagian besar penglihatan dan perhatian sang ibu asuh diberikan kepada sang anak seperti yang seharusnya dilakukan sang Ibu..

Sang Ibu juga menjadi sangat tidak sabaran ketika anaknya berbuat nakal. Kemarahan menjadi-jadi ditambah dengan masalah kantor yang lagi ribet-ribetnya. Akhirnya sang anak mencari sang ibu asuh untuk menumpahkan rasa sedihnya, sebagaimana seharusnya sang Ibu yang menjadi tempat keluh kesah anak…

Sungguh ironis memang, dan itu yang dilakukan para TKW Indonesia di luar sana. Mengasuh anak dengan sejuta kasih sayang sebagaimana kasih sayangnya terhadap anak yang ditinggalkan di kampung..

Dan berapa banyak TKW Indonesia yang bekerja di luar sana? banyak sekali…
Dan mereka melakukan tugas yang sangat teramat mulia… mengasuh anak…
Karena itu mereka pantas disebut ibu asuh dunia…

huhu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: