Posted by: faditya | April 16, 2008

Blue Bird.. TOP BANGET….

Yah sejak kerja cukup sering menggunakan alat transportasi yang namanya Taksi… dari mulai taksi koperasi, taksi celebrity dsb sampai Blue Bird…
Dan karena kantor ada kebijakan memberikan fasilitas voucher taksi blue bird untuk kondisi tertentu, jadi blue bird sekarang jd pilihan utama…

Anyway, setiap kalo naik taksi aku usahain banget biar bisa tetep melek selama perjalanan. Jaga-jaga aja… jangan sampe ketiduran yah takutnya (best case) nyasar atau (worst case) diapa2in ama supir taksinya… Jadi caranya ya aku usahain ngajak ngobrol supir taksinya… Yah walaupun pernah juga saking ngantuknya nggak nyadar udah pules aja en dibangunin pas mau masuk pintu tol… hehe

Nah obrolan2 dengan supir taksi bervariasi .. mulai ngomongin keluarga si supir, politik, ekonomi, nasihat2 sederhana dari supir, kerjaan, cerita supir pernah ditipu, supir nyasar gak tau jalan pulang…. yah … banyak …dari cerita yang bisa bikin prihatin, terenyuh, tersenyum sampai ngakak ….

Nah 2 hari kemarin (selasa dan rabu) aku harus ke klien di daerah cirendeu jak sel (deket lebak bulus) dan pulangnya langsung ke rumah… Fuuuh jaraknya jauhhhhh banget 1 jam lebih perjalanan dan menghabiskan argo 80-an ribu (rekorrrr)..

Dan alhamdulillah dalam 2 hari itu aku dapet blue bird yang supirnya seru abis… enak banget diajak ngobrol…
Wakt hari Selasa ngobrolin mulai dari ngomongin orang Betawi yang banyak tanahnya, Depok yang sekarang macet banget, banyak malnya, banjir, Pilkada Jabar (Lebih spesifik ngomongin Hade), harga minyak tanah sampai dia bilang “uuuh istri saya ngantri minyak tanah dari pagi ampe siang cuman dapet 2 liter… nah kalo dia ngantri minyak tanah piring di rumah nggak dicuciin :O) … dll pokoknya ngalor ngidul… dan sampe nggak kerasa udah nyampe rumah aja….

Nah hari Rabu kemarin obrolan lain dengan supir Blue Bird lainnya… Nah ini ngobrolin lebih banyak mengenai manajemen Blue Bird… TOP BANGET… pak supir (Bpk Azzany) cerita … bagaimana fasilitas yang diberikan oleh Blue Bird kepada supir2…. Bagaimana manajemen Blue Bird memanjakan supir (menjadikan supir sebagai raja)… berikut rangkuman fasilitasnya:

– Semua supir dianggap pegawai tetap….
– Waktu kerja 5 hari selama seminggu dengan waktu libur dijadwalkan … (yah kayak orang kerja bisa aja)
– Sistem komisi, jadi gak ada kewajiban dalam sehari bagaimanapun caranya harus dapet duit “segini” misalnya…. Jadi untung nggaknya supir tergantung kinerja si supir itu…
– Bonus dengan beranka ragam bonus… (Misal bonus kalau dapet argo dengan jumlah tertentu)
– Fasilitas kesehatan terjamin dengan rujukan RS ttt…
– Beasiswa bagi anak2 supir yang punya prestasi bagus dari SMA sampai kuliah… Woooo
– Fasilitas Mess
– Bensin ditanggung Blue Bird… setiap mau jalan mobil diisi bensin penuh.. kalaupun di tengah2 perjalanan Bensin habis (jarang sekali terjadi, karena kondisi mobil yang bagus banget) biaya Bensin tidak sepenuhnya ditanggung supir… ada presentasenya
– Perawatan mobil sepenuhnya tanggung jawab Blue Bird..
– Kalau ada kerusakan tidak sepnuhnya ditanggung supir.. dilihat dulu seberapa besar kerusakan.. yang jelas nggak pernah sampai 100% ditanggung supir…
– Bahkan bagi supir yang kerjanya dah lama banget (15 tahun-an.. luppa) si supir dapet bonus “ONH PLUS GRATIS”… Wooooooo

Yah dibalik kepuasan fasilitas itu, tentunya Blue Bird juga mengatur kinerja para supir….. Kalau supirnya dah terlalu malas ya jangan salahkan Blue Bird untuk memecatnya… Dan Blue Bird gak akan kehilangan banget, karena yang ngelamar jadi supir blue bird itu banyak banget,… setiap hari….

Inti dari proses manajemen Blue Bird nya adalah….
Manajemen memberikan fasilitas terbaik bagi para karyawannya (supir dalam hal ini, gak tau staff yang lain) —-> Supir memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan —> Pelanggan terpuaskan, dan semakin percaya kepada Blue Bird —-> Blue Bird mendapat keuntungan dari pelanggan…

Jadi bisa dibilang Blue Bird menganggap supir sebagai investasi yang sangat bernilai…
Yah bisa dirasakan sendiri, bahwa kita jauuuh lebih percaya sama Blue Bird dibanding taksi lainnya.. secara cukup terlalu banyak kasus yang terjadi di taksi2 yang bertarif murah…. Jadi, apa yang dilakukan manajemen Blue Bird benar2 bisa menumbuhkan kepercayaan pelanggannya…

So, TOP Banget deh manajemen Blue Bird…. ^^
Btw, kemaren aku juga nanya ke supir,
A: Bang, kenapa ya kok kalo siang agak susah dapetin Blue bird…
B: Oooo taksinya si banyak mbak, tapi supir2nya pada tidur siang…
A: Haaa????
B: Yah bayangin ya mbak, kita balik ke pool jam 12 malam, ngurusin administrasi (ngitung2 argo dsb) dan itu ngantri,… bisa2 jam 1 baru selesai….
Nah abis itu jam stg5 udah harus narik lagi…. Jadi ya tidrnya kurang,… yaudah deh siang kita tidur….
A: Hooooo……..tidur dimana bang? di mobil?
B: Iya, cari aja yang tempatnya adem di bawah pohon … tidur deh… Jadi kalo nemu supir yang tidur bangunin aja….
A: Haha….

Yah dibalik fasilitas itu tentu ada konsekuensi yang harus dibayar oleh si supir…..
Tapi, dari sekian banyak supir Blue Bird yang aku pernah ajak ngobrol, sebagian besar memang mengatakan puas terhadap fasilitas yang diberikan Blue Bird…

Ahh seandainya taksi2 lain bisa mengikuti jejak manajemen Blue Bird, pastinya kejahatan yang dilakukan supir taksi akan berkurang…..


Responses

  1. Oooh…jadi Tya mo pindah jadi sopir taksi Blue Bird? n_n

  2. bawa tape recorder tuh, pas naek taxi? hihihi…lengkap bener liputannya :p*salam kenal*

  3. hihihi…. pengennya punya perusahaan taksi mam…btw, udah sembuh?? katanya lagi sakit? baru mau ditengokin besok… =D

  4. saking serunya jadi inget…. dan karena aku cepet lupa… so ditulis disini selagi inget….*salam kenal juga*

  5. mawaddah1985 said: hihihi…. pengennya punya perusahaan taksi mam…btw, udah sembuh?? katanya lagi sakit? baru mau ditengokin besok… =D

    Ckckck…subhanallah,keren banget cita-citanya!! =DMasih tahap pmulihan di RS, lagi iseng aja cek MP via HP n_n

  6. hehehe..review blue bird nih ceritanya. kl express gimana? aku biasanya nungguin itu soalnya tarif lama, dan kelihatannya pelayanannya gak jauh dari blue bird. kl naik blue bird bangkrut soalnya😛. tapi kl utk pesan ke rumah blue bird memang top deh. yg lain susaah..

  7. kalo Express sistemnya kredit… maksudnya…. supir itu narik taksi untuk bayar kredit mobil taksi itu…. lupa si sistemnya gimana (komisi atau target) seingetku si komisi juga…. Dan setelah 5 tahun (biasanya) mobil itu jadi hak milik si supir….. ganti plat hitam…. kalo dah gitu kan bisa dijual mobilnya lumayan kan…..

  8. Ohyaaa ada yang lupa….. fasilitas lain yang diberikan Blue Bird… kalo ada anak supir yang sunatan, biayanya dibantu 50% sama Blue Bird… dan lebih untung lagi karena Blue Bird suka ngadain sunatan massal untuk karyawannya…. =D

  9. waw… gue suka anti ama Blue Bird soalnya mahaaaal banget T_T Paling demen naek taksi Putra, selain selalu dapet supir ramah (suka ngomong Selamat Pagi/Sore/Malam) trus anak2 kantor demennya Putra sih ya, jadi keikutan.. Ekspress suka aneh mobilnya =D Suka sempit ndiri, aneh..

  10. klo naek blue bird bilang ponakannya tante tya, Bintang dpt gratis gak yah dr blue bird :p

  11. May, yang bener expressnya suka sempit sendiri apa lo nya yang suka ngelebar sendiri… hihihihi … Peace ^^taksi Putra yang mana ya? kok gw nggak ngeh kalo ada taksi Putra… ^_~

  12. doain aja ya Bintang…. biar tante bisa jadi salah satu pemegang saham di Blue Bird biar Bintang bisa dapet gratis …. *haha menghayal lagi*

  13. wah lumayan nih buat rujukan ane yg lagi nganggur…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: