Posted by: faditya | January 30, 2009

Bubye Japan….

Fiuuuh…
akhirnya aku ambil keputusan ini… Aku tunda semua rencana pendaftaran beasiswa S2 di luar untuk tahun ini…
Kenapa?
Hmmm banyak pertimbangan…
Bukan bukan …. bukan karena aku mau merit kok?
Huhu dah 2 orang yang nanggepin pernyataanku dengan begini:
“Waaah mau nikah dulu ya….”
Nggak nggak… eh Amiin aja deh… hehe

Sedikit cerita saja apa yang melatarbelakangi aku untuk punya cita2 sekolah di luar…
Di awali di bulan November kayaknya si…. pokoke abis lebaran… tiba2 aku ngerasa bingung aja mau apa… berasa hidup kok gini2 aja… kerja dan aktivitas rutin lainnya…
Less of motivation deh…

Berfikir dan berfikir… akhirnya teringat akan cita2 awal gw ketika mulai memutuskan untuk kuliah di UI… “Pengen kuliah di UI biar bisa dapet beasiswa kuliah di Jepang” hahaha cita2 yang terlalu tinggi…. Tapi so what… semua orang berhak memiliki cita2…

Terus akhirnya di bulan November itu aku mulai cari2 info beasiswa.. dan ketemulah ADB (www.adb.org).. terus liat2 persyaratan yang saya rasa masih sanggup untuk dijalani… terus liat2 universitas serta jurusannya… ketemulah 1 Universitas yg saya rasa itulah yang saya inginkan yaitu International University of Japan (IUJ) jurusan e-business management..

Why I choose that one?
Karena:
1. Itu di Jepang😛
2. Jurusannya aku minati, karena:
– Relevan dengan kerjaanku sekarang
– AKu punya cita2 untuk memiliki usaha berbasis e-business
3. Programnya hanya 1 tahun kuliah
4. Deadline nya masih lama… (1st intake: Februari 2009, 2nd intake: March 2009)
5. Persayaratan masih mungkin digapai..

Terus langsunglah mulai mengatur strategi bagaimana caranya biar bisa dekat dengan pencapaian tsb.
Mulai dengan persiapkan semua yang harus dimiliki utk keluar negeri:
1. Passport
2. Nilai TOEFL/IELTS
3. Ikut kelas conversation
4. Banyak liat2 forum beasiswa

Utk passport alhamdulillah sudah memilikinya..
TOEFL/IELTS? akhirnya aku pilih IELTS karena aku gak suka banget belajar grammar…
So, aku ambil kelas preparation IELTS di AIM Manggarai… Kelas conversation aku pending dulu, karena aku dah ambil kelas preparation IELTS.. dan banyak liat2 forum beasiswa.. pastinyaaa…

And then… akhir November aku mulailah ikut AIM… dengan target score 7 (sesuai prasayarat utk lulus admission IUJ)

Wuaaah semangat gila!! Kelas dimulai jam stg7 malam dan berakhir stg9 setiap Senin, Rabu n Jum’at… Alhamdulillah keluarga bahkan kantor mendukungku… Jadi, keluargaku gk ribut aku bakal pulang malam (sekitar jam10-an sampe rumah). Dan aku dibolehkan utk menolak melakukan tugas apapun dari kantor selepas jam 5 .. Alhamdulillah mereka mengerti dan mendukungku…

Wuaaah bukan cuman ilmu yg aku dapat, tapi suasana… Aku buth banget suasana lain selain suasana kerjaan2 teknis yang aku jalanin sekarang ini…

Lalu, waktu berlalu.. sampai akhirnya sudah memasuki bulan Januari. Pada kenyataanya, aku nggak bisa bener2 fokus utk mempersiapkan segala persyaratan utk apply IUJ.
Bukan cuman karena pusing dengan kerjaan kantor, tapi juga ada beberapa masalah pribadi yang bikin aku kadang down semangatnya…

Lalu, setelah aku baca2 lagi persyaratan dari IUJ, aku harus submit application February 6, 2009… Oleh karenanya, aku musti ambil test IELTS paling lambat February 17, 2009 karena hasil test harus langsung dikirim ke IUJ sebelum tgl 6 February tsb..

Kelas AIM belum selesai.. tapi aku nekad utk ambil tgl 17 itu… Wuaaah real test oiy… biayanya gila2an $180… Serius bangkrut abis gw abis bayar tuh test… Tapi gk pedulilah, pasti ada pengorbanan…

Yaah akhirnya terlaksanakanlah test tsb…. Aku mengakui, aku tidak terlalu puas dengan apa yang aku kerjakan.. Setelah test itu aku menyadari beberapa kelemahan yang aku miliki dalam berbasaha Inggris…
Yeah biarpun hasil test belum keluar, tapi aku dah sempet down juga… sampe 2 hari gak masuk kelas AIM… karena merasa capek…

Nah sejak itu, aku mulai mikir ulang apakah aku akan terus melanjutkan rencanaku ini… Sambil terus menjalani persiapan admission… Yaitu, minta surat referensi dari kampus, bikin 2 essay, dan persiapan keuangan utk bayar admission sebesar 5000 Yen…

Surat referensi mudah, tinggal minta ke sekretariat Fasilkom.. Biaya admission, insyaAllah masih bisa (hanya sekitar 600ribuan)…
Nah pada saat bikin essay inilah aku stack…
essay pertama, adalah tentang rencana karir ke depan dan keuntungan apa yang akan saya dapat utk menggapai rencana tsb dari kuliah di IUJ..
essay kedua, rencana thesis sehubungan dengan rencana karir di essay pertama..

Aku kerjakan essay pertama, dan stack karena rencana karirku belum sepenuhnya matang… Secara aku baru 2 tahun kerja, dan baru 6 bulan-an nyemplung ke dunia manajemen dan itu pun belum sepenuhnya nyemplung karena masih ada sisa2 kerjaan as “programmer” yg musti aku selesaikan…
Wuuaah apalagi essay kedua, aku bingung mau nulis apa.. Aku gk mungkin lah nulis asal2an tanpa dasar teori yang mendalam…

Then di suatu pagi hari Selasa mungkin tiba2 aku berfikir… Kenapa? kenapa musti tahun ini? Kenapa sebegitu buru2nya? Kenapa gak dimatangkan dulu? Pikiran2 itu terus menerus menghantuiku….

Yeah u true… why must this year? Terlebih lagi akan banyak kejadian menarik di Indonesia ini yang akan terjadi tahun ini yang akan sayang sekali saya lewatkan. Terlebih lagi kemungkinan berangkat (kalau diterima) adalah bulan Juli (jika nilai IELTS saya tidak mencukup 7) dan atau bulan September.

Diantaranya?
1. InsyaAllah ortuku berangkat haji tahun ini (jika Allah mengizinkan). Pada kenyataanya, ortu ku sempet gk setuju rencanaku kuliah ke luar tahun ini karena alasan mereka akan berangkat haji. Kenapa? karena kalo aku pergi juga siapa dong yang jagain adeku?
2. Adeku masuk SMA tahun ini.
3. Beberapa sahabatku akan menikah tahun ini.

Selain alasan itu, ada beberapa alsan lain:
1. Financial support ku belum kuat… Setelah aku atur2, rencanakan dsb dengan gajiku dan pengeluaranku sampai bulan September, aku gak akan punya banyak simpanan utk support financial bahkan utk bantu2 keluarga ..
2. Hasil dari nyoba2 bikin essay, saya rasa say abutuh sedikit banyak belajar lagi utk bidang manajemen.
3. Mentalku saya rasa belum cukup kuat… karena belum didukung oleh kepribadianku yang kuat juga… Yeah masih menyadarilah beberapa kelemahanku yang musti aku kikis dulu perlahan2 sebelum benar2 berada di dunia lain sendiri… Termasuk less of confidence which I have…

Tapi, gk beberapa lama kemudian depkominfo ternyata buka lowongan… dengan berbagai persayaratan… diantaranya nilai IELTS 6.5 ..
Wuaaah jadi tertarik lagi… tapi2 … batas waktunya 18 Februari…

Yeah cuman semangat beberapa saat utk nyoba depkominfo.. tapi akhirnya rencana utk tetap membatalkan rencana itu masih lebih kuat… Yeah akhirnya, aku berazzam “Kalau memang nilai IELTS ku 7 , aku lanjut.. Kalau nggak ya sudah … bubye”

Yeah akhirnya aku dapet nilai IELTS ku tgl 30 kemarin… Jelas, gk dapet 7 (huehehehe).. Tapi aku tetap happy… karena setidaknya aku tahu kelemahanku… yaitu “conversation”…

Sebenernya dengan nilai IELTS yg aku dapet ini, aku masih bisa apply univ lain yg nerima nilai segitu… meskipun tanpa beasiswa depkominfo….

Tapi, tetap… aku putuskan akhirnya “tidak utk tahun ini”..
Aku mau mengusahakannya pelan2, berhati2 dan penuh perencanaan dan pertimbangan.. Gak grasa grusu kayak sekarang ini…

Aku harus memikirkan step2 selanjutnya utk menggapai cita2 ini…

Yeah… yang penting SEMANGAT!!!!!!!!!

Jangan pernah berhenti bermimpi… Karena mimpi adalah selah satu bukti bahwa kau masih hidup!!!


Responses

  1. kan kata Rasulullah, “Kalau ragu-ragu, maka tinggalkan!”

  2. wow… keren semangatnya tya…

  3. iyah mbakje… jangan pernah abaikan kata hati yah…😀

  4. doakan saja agar semangatnya tetap tinggi =D

  5. tya…. tetap semangat yah…ntar kita bareng aja perginya…hehehe *jangan pernah berhenti mimpi kan??*

  6. “Brick walls are there for a reason. They let us prove how badly we want things.”Randy Pausch

  7. yuk yuk pitaaa… ayoo semangattt

  8. ahhh keren abiss…. tankyuuu

  9. mba tya,, smAnGaT ya!! ^^bener,, selain memiliki mimpi,, kita jg tetap harus punya perencanaan yg matang,, dan tdk lupa berdoa.. ^_-

  10. iyaa daniaa…tankyu yaaahhh

  11. wuihhh jepun…. negara impian yg paling pengen juga aye kunjungi tuuh.. hehehemantabbb euy… semangaddd nyaahhh….sambil terus ikhtiar dan berdoa, insyaallah dimudahkan segalanya oleh ALLAH SWT..tetepp semangaddd yaa…

  12. yuuuk wee.. bareng2 ke sanah… =D

  13. salam kenal ya..Tahun 2006 aku juga ada rencana tuh ke IUJ under ADB scholars, e-business pula jurusannya. Udah email2an sama staff admission IUJ, Essay aku udah bikin, tapi yang bikin mentok belum ikut tes toefl, surat referensi, sama finance-nya😀. Karena kerjaan ktr pula yang akhirnya aku “keterusan” ga nerusin scholars ini sampai 2 tahun terakhir. Tapi tahun ini – Insya Allah – niat mau submit buat 2010. Alasannya ya sama deh: punya cita2 pgn sekolah lagi di jepang dan untuk mem-brainstorming -lagi otak yang udah jenuh selama hampir 9 tahun kerja. Intinya biar wawasan kita jadi ga cetek lah.Tahun ini udah mulai prepare lagi dong? Tetap SEMANGAT YA!! Pasti Bisa kok..!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: