Posted by: faditya | September 17, 2010

All baby are special

Dulu sebelum Sayyid lahir,

aku punya harapan bisa kerja dari rumah…

Selagi bosku juga mengizinkan… jadi bisa kerja sambil ngurus Sayyid…

Bosku pula pernah menyarankn utk bawa Sayyid ke kantor… jadi tetep bisa menyusui Sayyid…

Salah satu temanku mendorongku untuk mencoba bawa Sayyid ke kantor, karena berdasar baby book itu sangat bisa dilakukan…

Kakaku pernah menceritakan temannya yang punya 5 anak (kalo gak salah) dan anteng2 bahkan bisadibawa kerja …

Tapiii…inilah spesialnya Sayyidkuu… di awal2 kelahirannya memang tentu Sayyid tidak dapat dipisahkan dari aku…

kerjanya nyusuuu terus, tidur bentarbangun nangis, dst dst…

sempat di bulan ke-2 perilaku Sayyid sangat menyenangkan neneknya (ibuku) yang kebetulan menjaganya selama aku kerja…tidur siang lamaa. Kalaupun tidak tidur, bisa anteng main sendiri asal ada yang nemenin… jadi ibuku bisa mengerjakan pekerjaan rumah dengan tenang…

lalu kemudian mulai di bulan ke-3 mulai mengalami proses perubahan… tidur siang susaaaaah bangettt, paling cuman sebentar ajaah…maunyaa digendong teruss… mending kalo digendong sambil duduk… ini Sayyid maunya digendong dan diajak jalan… sampai seringkali bapakku (kakeknya Sayyid) berperan serta untuk menggendong Sayyid …

Suatu saat aku mencoba menjalankan niatku dulu, kerja d rumah sambil mengurus Sayyid…tapi, yang ada aku gak bisa ngapa2in.. sayyid maunya nyusuu sambil digendong… dan tidak hanya digendng saja,Sayyid maunya digendong sambil jalan… tidurr? maunya sambil digendong….

sedangkan pekerjaanku butuh duduk dan berfikir denganagak “sok” serius… akhirnya Sayyid kembali aku serahkan ke ibuku.. karena kerjaanku gak beres2…

Lalu, di liburan 9 hari kemarin…. full day with Sayyid… siang kerjaannya nyusu, tidur sambil nyusu, bangun main sebentar … rekor kalo sayyid bisa didiamkan main di bawah lebih dari 5 menit…ya lumayan bisa buat nyuci piring… dst dst sampai tidak berasa sudah malam….

Malam kadangkala Sayyid bisa tertidur dengan mudah dengan menyusui sambil tidur. jadi aku juga bisa istirahat dengan tenang…tapi kadang dia sudah menyusu lama sambil tiduran, lalu menangis minta digendong… aku pangku sambil menyusu… sebentar kemudian nangis lagi… sampai akhirnya sayyid aku gendong dengan kain sambil menyusu… baru dia bisa tidur dengan tenang…

Siang hari, meskipun Sayyid maunya tidur sambil menyusu, aku tetap bisa istirahat karena bisa sambil duduk di kursi atau tempat tidur…Pernah mencoba berkali2 untuk meletakkannya di tempat tidur setelah aku lihat dia benar2 terkulai di gendongan… tapii… segera dia terbangun dan menangis lagii…..

Dan dahsyatnya, kemarin kamis … siang… perilakunya berbeda lagii… Sayyid hanya mau tidur sambil menyusu digendong dan harus jalann… Woooow… aku coba duduk di kursi, Sayyid langsung gelisah… kedua kakinya, badannya langsung bereaksi dengan tenaga yang sudah cukup besarr…. akhirnya aku berdiri lagi baru dia tenang… kucoba lagi berkali2 begitu juga… yasudah… nyerah deh… nikmati aja gendong Sayyid selama siang itu…

sampai hampir magrib…. aku kecapean banget… pegellll… aku taro Sayyid perlahan2 di tempat tidur, jelas dia berontak… sampai akhirnya aku susui dia sambil tidur… gak berharap banyak Sayyid bisa tidur … tapi saat itu sudah magrib, aku harus sholat…

Sayyid terlihat tertidur saat menyusui sambil tiduran tsb… sampai akhirnya suara handphoneku mengagetkan dia… *Hikkks lupa di silent*

Tapi, ajaibb… dia hanya kaget melepaskan diri dari aku dan blekkk tidurr pulasss…. Horeeee….Alhamdulillah…

tapi hanya tidur sejam… pas banget mau sholat isya sayyid terbangun… abis itu susaaah lagi tidurr… udah dicoba berbagai posisi, dgendong, tiduran, dipangku, dsb sampai akhirnya kecapean sendiri dan tidur yang hanya 1jam saja…

lalu jam 12 malam terbangun lagi…dan diam ketika aku nyalakan mainan putarnya…. Sayyid tiba2 ceria, gak nangis, ngoceh sendiri, tengkurep sampai akhirnya sayyid pup… setelah itu coba tidur lagi… nyusu sambil tiduran… lucunya… karena Sayyid sedang sangat bersemangat tengkurap… dia mencoba tengkurap sedangkan mulut masih menempel di badanku… dia terus coba tengkurap tapi karena mentok dengan badanku akhirnya dia kesel dan nangis… terus aja kayak begitu…

yang akhirnya semalaman aku dan Sayyid sama2 kurang tidur… suamiku juga ikut kena getahnya… karena ada saat dimana aku benar2 lelah dan aku serakan sayyid ke suamiku…

Kalau ada yang nanya, memangnya gak bisa kerja sambil gendong Sayyid…

1. Sayyid maunya digendng sambil jalan…

2. Posisi gendong Sayyid harus berdiri seperti sedang menyendawakan Sayyid atau posisi duduk ke depan..

kecuali ketika menyusui baru posisi tidur biasa…

3. terkadang sayyid anteng kalo diajak ngobrol, dan dicuekin sedikit aja sayyid dah ngambek nggak karuan..

Kadang ibu dan bapakku suka mengeluh dengan perilaku Sayyid seperti ini…sehingga pengasuh benar2 sangat teramat penting dibutuhkan…

mudah2an Sabtu ini benar2 datang…

Ibuku sendiri menyarankan untuk memberi makan sebelum 6 bulan… mungkin itu bisa bikin anteng.. tapi saran itu aku tolak habis2an…

dan faktanya itu tidak jadi jaminan…

karena, salah saeorang tanteku punya kisah yang sama seperti aku.. bahkan lebih parahnya saat tidur malam pun bayinya harus digendong…dan itu berlaku untuk kedua anaknya…

padahal tanteku sudah memberi makan kedua bayinya sebelum 6 bulan…

Jadi, gak da jaminan bahwa memberi makan bayi sebelum waktunya membuat bayi anteng… malahan itu membahayakan bayi…

Apa yang mau aku sampaikan di notes ini adalah…jangan pernah mengira perilaku bayi satu dengan yang lainnya sama…terpaku dengan buku, pengalaman orang lain, dll … hal tersebut bisa sangat2 berbeda…kadang2 patokan2 tsb bisa membuat kita stress dan berfikir yang tidak2…

contohnya pola menyusui… memang ada bayi yang menyusui hanya 5 menit sudah kenyang, ada yg 15 menit dan bahkan ada yang berjam2… jedanya pun beda2 ada yang 3 jam baru laper lagi, ada yang bahkan 15 menit sekali udah lapar lagii..

itu terjadi padaku… banyaknya referensi yang kubaca mengenai pola menyusui bikin aku down dan berfikir bahwa ASIku gak cukup… padahal itu sama sekali salah…. Semua itu hanya karena Sayyid berbeda…

kalau seperti pendapat kakaku … Allah itu Maha Adil… Allah memudahkan teman kakaku yang punya anak 5 dan harus mengurus sendiri…sedangkan utk orang seperti aku mungkin… Allah memberi ujian yang lain yang solusinya juga berbeda…

Dan jangan iri kalau melihat baby lain begini dan begitu…

Because all baby are special…

Intinya kawannn… persiapkan mental ya…belajar utk sabar, ikhlas, istiqomah dsb…

Kadang aku gak habis pikir ada ibu yang tega memukul anaknya yang menangis terus2an… mengeluarkan sumpah serapah dsb bahkan sampai ada yang meninggal…

Tapi sungguh… memang berat kawan… tapi mengasyikkan…

terlebih lagi seperti salah seorang di milis sehat… Bayi hanya sebentar kok jadi bayii… Jadi nikmati sajaa… ^o^

Spesial utk semua calon ibu … Selamat menanti…🙂


Responses

  1. semangat tyaaa… mari kira turut mendulang pahala dalam tumbuh kembang anak2x kita..🙂

  2. berarti barusan Sayyid lagi anteng donk… buktinya ummi-nya bisa nulis blog🙂

  3. @mbaksin: semangattt!!!@mbakje: aku di kantor mbak…. ngeblog nyicil di saat lagi mentok… biar melek lagii😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: