Posted by: faditya | September 23, 2010

Cobalah keajaiban ini: Inisiasi Menyusui Dini

Artikel ini aku rewrite dari berbagai sumber. Special untuk:

  • Aku yang ingin banget melakukan ini di anak ke-2… Mudah2an bisa lahiran normal…
  • Kakak2ku yang mau punya anak ke-2 atau ke-3
  • Semua teman2ku yang sedang hamil

Sebelumnya perlu diingat!

  • Dokter atau bidan bukan manusia super ilmu… kedalaman Ilmu yang dimiliki dokter belum tentu seragam… jadi jangan percaya 100% pada titah dokter… carilah second opinion.. Ilmu tersebar di mana-mana
    * pengalaman burukku bertemu dengan dokter specialis anak yang mengatakan ASI ku gak cukup karena berat bayi hanya naik 1ons di 10 hari pertama… padahal ilmu kedokteran yang berkembang saat ini mengatakan: sudah sewajarnya berat bayi turun di minggu pertama dan akan kembali ke berat asal di minggu ke-2 karena bayi saat lahir membawa lemak sisa dari rahim yang akan hilang dari hari ke hari… Dan padahal saat itu ASI ku seringkali berceceran … So, HATI-HATI memilih dokter…
  • Ini jaman internet… ilmu banyak sekali tersebar… so, jangan sungkan tanyakan pada mbah google… (www.google.com)
  • Kalau berkenan ikutlah milis sehat… (sehat@yahoogroups.com) .. kumpulan dokter2, ibu2 dan bapak2 cerdas yang selalu bersedia membagi ilmu kesehatan dengan cara yang logis dan MURAH….

Inisiasi Menyusu Dini atau disingkat sebagai IMD merupakan program yang sedang gencar dianjurkan pemerintah.

Menyusu dan bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi

tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu.

Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi.

Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.

Tahapannya adalah setelah bayi diletakkan, dia akan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, maka kemungkinan saat pertama kali diletakkan di dada ibu, bayi belum bereaksi.

Kemudian berdasarkan bau yang dicium dari tangannya, ini membantu dia menemukan puting susu ibu.

Dia akan merangkak naik dengan menekankan kakinya pada perut ibu.

Bayi akan menjilati kulit ibunya yang mengandung bakteri baik sehingga kekebalan tubuh bayi dapat bertambah.

Ingat, bahwa dalam IMD, Anda tidak boleh memberikan bantuan apapun pada bayi tapi biarkan bayi menyusu sendiri.

Biasanya, bayi dapat menemukan puting susu ibu dalam jangka waktu 1 jam pertama.

Program ini mempunyai manfaat yang besar untuk bayi maupun sang ibu yang baru melahirkan.

Tetapi, kurangnya pengetahuan dari orang tua, pihak medis maupun keengganan untuk melakukannya membuat Inisiasi Menyusu Dini masih jarang dipraktekkan.

Banyak orang tua yang merasa kasihan dan tidak percaya seorang bayi yang baru lahir dapat mencari sendiri susu ibunya.

Ataupun rasa malu untuk meminta dokter yang membantu persalinan untuk melakukannya.

Begitu juga dengan dokter atau bidan yang tidak mau direpotkan dengan kegiatan ini sehingga akhirnya bayi tidak diberi kesempatan untuk melakukan ini.

Untuk dapat memperoleh bantuan dokter, hendaknya Anda membicarakan keinginan Anda ini saat baru awal mengandung.

Pastikan agar dokter dan rumah sakit bersedia melakukannya, bila tidak Anda dapat mencari dokter atau rumah sakit lainnya yang mendukung program IMD.

Informasi tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Berikut informasi tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang dapat mendorong Anda untuk melakukan IMD sesaat setelah bayi Anda dilahirkan:

  • Percayalah bayi dapat melakukan ini sendiri. Sebenarnya, ada kodrat alami seorang bayi untuk menyusu dari ibu bahkan saat dia baru lahir. Jadi Anda tidak perlu terlalu mengkuatirkan bayi Anda.
  • Ini merupakan tahap awal yang sangat baik bila Anda ingin memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama. Bayi akan menyukai ASI dan ibu tidak akan kekurangan untuk memberikannya. IMD juga mengurangi rasa nyeri saat harus menyusui.
  • Jangan kuatir bayi Anda kedinginan karena tanpa pakaian apapun harus dibiarkan selama kurang lebih 1 jam untuk mencari puting susu ibu. Karena kulit ibu dapat menghangatkan bayi secara sempurna. Bila bayi merasa kedinginan, suhu tubuh ibu akan meningkat 2 derajat Celcius, sedangkan bila bayi kepanasan, kulit ibu akan menyesuaikan dengan menurunkan suhu sebanyak 1 derajat Celcius.
  • Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga mengurangi tingkat kematian bayi yang baru lahir.
  • Gerakan bayi yang merangkak mencari puting susu dapat menekan rahim dan mengelurkan hormon yang membantu menghentikan pendarahan ibu.
  • Bila bayi dalam melakukan IMD menangis, jangan cepat-cepat Anda menyerah untuk memberikan ASI. Bayi menangis belum tentu karena merasa lapar. Biarkan bayi Anda menemukan susu sendiri.
  • Bila persalinan harus melalui proses Cesar, Anda dapat tetap melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) walaupun kemungkinan berhasilnya sekitar 50% daripada persalinan normal.
  • IMD membantu meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak.

Sumber: http://kumpulan.info/keluarga/anak/40-anak/99-inisiasi-menyusu-dini-imd.html

Manfaat Inisiasi

* Anak yang dapat menyusui dini dapat mudah sekali menyusu kemudian, sehingga kegagalan menyusui akan jauh sekali berkurang. Selain mendapatkan kolostrum yang bermanfaat untuk bayi, pemberian ASI ekslusif akan menurunkan kematian.
* ASI adalah cairan kehidupan, yang selain mengandung makanan juga mengandung penyerap. Susu formula tak diberi enzim sehingga penyerapannya tergantung enzim di usus anak. Sehingga ASI tidak ‘merebut’ enzim anak.
* Yang sering dikeluhkan ibu-ibu adalah suplai ASI yang kurang, padahal ASI diproduksi berdasarkan demand. Jika diambil banyak, akan diberikan banyak. Sedangkan bayi yang diberikan susu formula perlu waktu satu minggu untuk mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkannya.
* Inti dari semua itu adalah, ASI ekslusif merupakan makanan terbaik bagi bayi. Namun karena informasi ASI yang kurang, tanpa kita sadari sudah menggangu proses kehidupan manusia mamalia. Inisiasi menyusui dini memang hanya 1 jam, tapi mempengaruhi bayi seumur hidupnya.

Sumber : Healthy life Magazine Indonesia.


Responses

  1. Yups..untung RSIA ku pro IMD, ada klinik laktasinya juga..cm yg aku khawatirin misal aku dah sangat-2 berencana normal spy bs IMD juga, tp ditengah jalan krn lain hal kudu caesar..msh mungkin ga siy bwt IMD y?soalnya kan perut ibunya abis dijahit..keknya perlu nanya niy ma dokter.. aku dah liat videonya sgla di youtube, sgt mengharukan begtu liat si bayi merayap-2 di atas badan ibunya ^___^

  2. RSIA mana bu ada klinik laktasinya?

  3. RSIA Kemang Medical Care (KMC), bu..tapi aku dgr-2 di carolus jg ada deh bu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: