Posted by: faditya | October 14, 2010

Kenapa ngotot ngasih makan saat 6 bulan

Bismillah…

Mungkin aku dibilang paling aneh di keluargaku… ngotooot bangettt mau kasih makan Sayyid pas 6 bulan aja…
Apalagi Sayyid gak gemuk seperti bayi2 lainnya…

Udah banyak nasehat2 yang meluncur dari keluargaku… bukan cuman orangtua, saudara kandung, bahkan om dan tanteku…

Sampai2 bidan bayiku…yang bikin aku berfikir 2 kali lagi untuk periksa kandungan di sana untuk anak ke-2 ku nanti…

Dari yang cara ngucapinnya enak di hati sampai yang bikin aku ngerasa sakit hati… tapi insyaAllah sudah dimaafkan…

Dan sebgian besar bikin aku down…

Tapi semakin kencang tiupan dari kanan dan kiri … semakin giat aku belajar dari banyak teman2 di milis sehat dan browsing2 via internet….

Memang sampai saat ini bisa dibilang aku sudah gagal ASIX… tapi apa daya… aku insyaAllah sudah berusaha maksimal… dari pompa ASI di kantor sampai berusaha bangun tengah malam untuk pompa lagi…

ALhamdulillah dari hasil pompa/perah di awal cuman 90mL per hari sampai sekarang bisa mencapai 300mL… dan aku yakin pasti akan bertambah lagiii….

Bukan aku sombong dan tidak mau mengikuti saran2 dari orang2 terutama keluarga yang sudah dulu punya anak…

Tapi, aku hanya ingin melakukan sesuatu karena aku paham ilmunya,.. bukan karena ikut2an…

Dan AKu,,, hanya ingin memberikan yang terbaik untuk Sayyid… berdasarkan ilmu yang aku pahami dan bisikan hati yang aku yakini…

Dan ini salah satu ilmu yang aku dapatkan:

Sumber: http://asuh.wikia.com/wiki/ASI_eksklusif#cite_note-Luluk-2

Mengapa Jangan Memberikan Makanan Sebelum Enam Bulan

Tidak ada untungnya memberikan makanan pengganti ASI sebelum enam bulan – selain kelebihan berat badan yang tidak perlu. Malahan, bisa jadi MPASI tersebut memicu alergi pada bayi, gangguan pencernaan, atau obesitas[4].

Mengapa umur 6 bl adalah saat terbaik anak mulai diberikan MPASI ?

* Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif. Belum lagi penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya[3].
* Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bl.
* Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
* Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bl.==Mengapa Jangan Memberikan Makanan Sebelum Enam Bulan==

Aturan agar menunda memberikan MPASI pada anak < 6 bulan bukan hanya berlaku utk bayi yg mendapatkan ASI eksklusif. Tetapi juga bagi bayi yg tidak mendapatkan ASI (susu formula atau mixed).

———-

Aturan ini bukan hanya rekomendasi pemerintah atas nama DepKes RI tapi ini juga aturan WHO

salah satu artikelnya:

Sumber: http://www.healthpromotionagency.org.uk/work/Breastfeeding/pdfs/infant%20feeding%20guidelines%20cmocno.pdf

Should infants who are mixed fed on both breastmilk and infant formula milk orjust given infant formula milk also introduce solids at six months?

Yes. The Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN) sub group on Maternal andInfant Nutrition concluded that there are unlikely to be any risks associated withdelaying weaning to six months in infants who are mixed fed on breast and infantformula milk or solely fed on infant formula milk.Six months is the recommended age to introduce solid foods for all normal healthyinfants whether breastfed or given infant formula milk. Health professionals shouldconsider infants’ individual developmental and nutritional needs, whether breastfed,mixed fed or given solely infant formula milk before giving advice to introduce solidfoods.

Regardless of whether babies are breastfed or mixed fed on breastmilk and infantformula milk, mothers should be supported to optimise their infant’s nutrition regardingsuitable weaning foods and gradually weaned onto more solid food. Where motherschoose to introduce solid foods before six months, they should follow existing guidanceon appropriate types and amounts of first food (COMA, 1994).

What are the risks associated with an early introduction of solid food?

The Introduction of solid food to an infant too early, before sufficient development ofneuro-muscular co-ordination to allow the infant to eat solid foods or before the gut andkidneys have matured to cope with a more diverse diet, can increase the risk ofinfections and development of allergies.Early introduction of solids can also reduce the absorption of nutrients from breastmilk.(COMA, 1994).

Paling gampangnya:

Kenapa 6 bulan? Karena enzim pencernaan baru mulai terbentuk saat bayi berumur 6 bulan. (Mbak Inta@sehat)

Okelah banyak yang bilang, “anak saya gakpapa kok dikasih makan sejak lahi.. toh sehat2 aja”…

Kalau ada yang berkata begitu… aku cuman mikir dulu dengan sekarang beda… dulu makanan mungkin masih sehat2 jarang ada bahan pengawet, kondisi udara juga masih sehat… polusi udara masih minim, cuaca masih stabil, dsb…

Atau yang paling ekstreme pendapatku….

Yaa bersyukurlah yang anak2nya tetap sehat (seperti aku sendiri yang dikasih makan sejak lahir)…

Mungkin Allah begitu sayang dengan ibu anak tersebut (seperti ibuku)… karena amal ibadahnya, kedekatannya dengan Allah…

tapi untuk aku yang ibadahnya masih seadanya, dosa bertumpukk… aku gak bisa sebegitu pedenya melakukan yang biasa2 aja…

aku musti usaha yang lebih dari biasa… untuk memberi yang terbaik untuk titipan Allah…

Pun kasus ekstrem anak2 yang dikasih makan sebelum 6 bulan juga banyaak…

Sekarang 1bulan 2 hari lagi menuju 6 bulannya Sayyid…

Mudah2an aku masih kuat untuk menahan tiupan angin dari segala penjuru… Insya Allah… Amiin…

Thanks special to my husband yang menguatkanku, teman2 di milis sehat dan asiforbaby… ^^


Responses

  1. chayoooo aku juga dulu begitu. jatuh bangun rasanya ini hati untuk ASIX dan kasi makan pas umur 6 bulan. Alhamdulillah sekarang sudah lewat.Amiinorang lain bisa, kenapa kita enggak🙂

  2. alhamdulillah, masih kuat iman. Tapi semangat ummu Sayyid ini juga saya tularkan ke pasien lain kok. Terutama semenjak pakai ‘former’ sampai akhirnya berhasil seperti sekarang ini.

  3. semangat say… jalan mu masih panjaaaaangggg…. hehehe… serasa membaca sejarah ku deh :p

  4. renypayus said: orang lain bisa, kenapa kita enggak🙂

    Iya mbak… betull… kadang keluarga tidak bisa dijadikan referensi… tapi di luar keluarga yang bisa kasiih semangat… ^^thanks ya utk sharingnya😀

  5. drprita said: alhamdulillah, masih kuat iman. Tapi semangat ummu Sayyid ini juga saya tularkan ke pasien lain kok. Terutama semenjak pakai ‘former’ sampai akhirnya berhasil seperti sekarang ini.

    Alhamdulillah dok… masih dikuatkan utk tetap konsisten… Mudah2an pasien lain bisa lebih jauh kuat dan bersemangat ya dok… bahwa semua ibu bisa menyusui🙂

  6. bintangrasyidalfatih said: semangat say… jalan mu masih panjaaaaangggg…. hehehe… serasa membaca sejarah ku deh :p

    Insya Allah tetap semangat mbak… makasih buanyaaak yaaa udah sering sharing ilmunya… ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: